Sunday, April 13, 2014

Contoh Fakta dan Opini

Contoh Fakta dan Opini - Pengertian fakta adalah segala sesuatu yang benar-benar terjadi dan tanpa diragukan lagi kebenarannya. Sedangkan pengertian dari opini adalah semua hal yang belum pasti kebenarannya dan masih diragukan keasliannya. Ya, dari pengertian tersebut dapat kita ambil kesimpulan bahwa fakta adalah kebalikkan dari opini. Lebih spesifiknya, fakta meliputi peristiwa atau kejadian yang benar adanya dan dapat dibuktikkan kebenarannya tanpa keraguan sedikitpun.

Untuk opini mencakup kejadian atau peristiwa yang masih diragukan kebenarannya sehingga masih bersifat kabar burung atau informasi yang belum jelas kebenarannya. Contoh fakta maupun contoh opini mungkin bisa sedikit membantu Anda untuk lebih memahami apa yang dimaksud fakta dan opini. Apalagi jika Anda masih duduk di bangku sekolah, materi pelajaran Bahasa Indonesia seputar fakta dan opini ini sering dibahas. Jadi, mari simak contoh dari fakta dan opini berikut ini.

Contoh Fakta dan Opini

Contoh Fakta
1. Tukul Arwana adalah presenter acara Bukan Empat Mata.
2. Ariel adalah vokalis band NOAH.
3. Evan Dimas berperan sebagai kapten di Timnas Indonesia U19.
4. Haruka Nakagawa resmi ditransfer ke JKT48


Contoh Opini
1. Inbox adalah acara musik terbaik di Indonesia.
2. Aziz Gagap merupakan pelawak paling lucu saat ini.
3. Sepertinya dia menyukaimu.
4. Menurut saya, suporter klub itu sangat fanatik.
5. Diperkirakan kerugian yang diakibatkan oleh kebakaran tersebut adalah sebesar 100 juta Rupiah.

Dari beberapa Contoh Fakta dan Opini tersebut dapat Anda simpulkan bahwa fakta menyajikan informasi yang benar adanya tanpa keraguan sedikitpun, dan untuk opini berbanding sebaliknya.

Contoh Fakta dan Opini Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown