Tuesday, April 15, 2014

Contoh Surat Pembaca Yang Baik

Contoh Surat Pembaca - Pengertian dari surat pembaca adalah surat yang ditulis oleh seorang pembaca
yang dimuat dalam koran, majalah, tabloid, dan lain-lain yang tujuannya adalah untuk memberikan tanggapan, saran, ajakan, himbauan, kekuhan, ataupun ucapan terima kasih kepada suatu pihak. Sifat dari jenis surat ini adalah terbuka, dimana isi surat itu bisa dibaca oleh siapa saja dan bisa ditujukan kepada siapa saja, mulai dari perusahaan, perorangan, pemerintah, organisasi, atau lembaga. Bagi Anda yang terbiasa membaca koran ataupun majalah, mungkin sering melihat suatu rubrik bertemakan surat pembaca yang dimana di bagian tersebut banyak sekali isi pesan dari pembaca lainnya kepada suatu pihak, mulai dari protes kepada pemerintah, saran terhadap koran tersebut, dan sebagainya.

Surat pembaca adalah lahan yang tepat bagi Anda yang ingin menyuarakan aspirasi, baik itu untuk swasta maupun pemerintahan yang tujuannya adalah demi kebaikan kita bersama. Baiklah, untuk Anda yang mau mengerjakan tugas sekolah yang bermaterikan surat pembaca ataupun butuh referensi seputar surat pembaca berikut ini adalah contoh singkatnya tentang saran kepada suatu radio.

Contoh Surat Pembaca

Contoh Surat Pembaca


Yth. Redaksi Junioren 97 FM
Jalan Raya Agung
Bandung

Dengan hormat,

Saya menyukai laporan langsung mengenai kegiatan ekstrakurikuler di sekolah yang disiarkan oleh Radio Junioren FM. Pada suatu kesempatan, saya lihat Radio Junioren FM meliput secara langsung kegiatan ekstrakurikuler Pencak Silat di SMKN 7 Bandung. Acara itu tentu menambah wawasan saya, terutama memperkenalkan Pencak Silat yang ada di SMKN 7 Bandung. Selain itu, ekstrakurikuler tersebut memberikan banyak inspirasi bagi saya, seperti dilaporkan oleh Junioren FM bahwa dari sebuah hobi, bisa menjadi sebuah kegiatan yang bermanfaat bagi banyak orang.

Hanya saja ada yang saya sesalkan atas informasi itu, baik dari segi isi maupun penyampaian nya. Keterangan seputar ekstrakurikuler Pencak Silat yang disajikan kurang jelas dan lengkap, penyampaian tesebut akan lebih baik apabila ditambah informasi jumlah siswa yang mengikuti ekstrakurikuler, prestasi Pencak Silat sekolah tersebut, dan jadwal pelaksanaan ekstrakurikuler tersebut serta respon dari siswa terhadap adanya ekstrakurikuler Pencak Silat ini. Oleh sebab acara ini ditujukan untuk kalangan pelajar, akan lebih baik apabila bahasa yang digunakan iala bahasa non-formal agar tidak terkesan membosankan bagi pendengar.

Atas perhatian Anda terhadap surat pembaca ini, saya ucapkan banyak terima kasih.

                                                                                                                                           Hormat saya,

                                                                                                                                        Lukman Zariya

Diatas adalah contoh singkat dari Surat Pembaca yang bisa Anda pakai dalam menyuarakan aspirasi kepada suatu pihak. Jangan lupa untuk memakai kata-kata yang sopan namun dengan penjelasan yang baik. Demikian informasi seputar Contoh Surat Pembaca ini. Terima kasih.

Contoh Surat Pembaca Yang Baik Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown