Wednesday, April 30, 2014

Contoh Soal Psikotes dan Jawabannya


Contoh Soal Psikotes - Apabila Anda ingin bekerja pada perusahaan, biasanya Anda harus mempersiapkan diri untuk menghadapi yang namanya Psikotes. Psikotes digunakan untuk menilai apakah Anda layak untuk diterima kerja atau tidak, dan setiap perusahaan memiliki psikolog yang akan menilai jawaban Anda tersebut. Oleh karena itu, sudah tentu Anda harus bisa lulus tes ini dengan baik, sehingga bisa meningkatkan persentase Anda diterima kerja di perusahaan yang Anda lamar tersebut.

Tes psikotes biasanya dilakukan oleh sebuah perusahaan untuk menyaring atau menyeleksi para calon pekerja yang ingin mendaftar menjadi bagian dari perusahaan tersebut. Selain itu, murid sekolah pun tak jarang mengikuti tes psikotes untuk mengetahui seberapa besar kecerdasan otaknya dalam bertindak dan berpikir. Berikut ini contoh soal psikotes beserta jawaban.

Contoh Soal Psikotes


Kategori Soal Psikotes

  • Soal psikotes sendiri dibagi menjadi beberapa macam yaitu:
  • Tes arismetik
  • Tes seri
  • Tes logika formil
  • Tes logika angka
  • Tes logika arismetik
  • Tes sinonim atau persamaan kata
  • Tes kalkulasi cepat atau tes koran
  • Tes lawan kata atau antonim
  • Tes jalinan kata dan padanan
  • Tes membaca
  • Tes menggambar

Contoh soal kategori analog verbal pada psikotes perusahaan
Sekilas - Berikut adalah contoh dari tes analog verbal. Tes jenis ini umumnya terdiri dari 30 hingga 40 soal yang semuanya berisi antonim, sinonim, dan juga analog pada kata, persis seperti mempelajari bahasa Indonesia. Dan untuk Anda mengerti, bahwa tes ini untuk menguji kemampuan dari logika Anda untuk memahami kondisi, sehingga bisa mengetahui sejauh mana Anda bisa melihat sebab akibat dari permasalahan yang nanti akan muncul di dalam sebuah pekerjaan.

Contoh – Hitam: a. biru b. malam c. kecil d. gelap e. putih
Pola untuk menjawab soal dari tes analog verbal ini adalah di bawah ini:
Hitam = Putih, sehingga antonim dari hitam merupakan putih, jadi jawabannya yaitu ‘e’.

Tes wartegg pada psikotes
Ada juga yang namanya tes wartegg. Tes ini memiliki beberapa jawaban yang berupa gambar. Tes ini terdiri atas delapan kotak dan juga di masing-masing kotaknya memiliki beberapa bentuk tertentu, contohnya titik, tiga garis sejajar, garis kurva, dua garis yang saling memotong, kotak, 2 garis yang terpisah, dan 7 buah titik yang tersusun melengkung, dan juga garis melengkung. Tes ini cukup mudah, Anda cukup melanjutkan gambar-gambar tersebut sesuka Anda. Lalu, Anda harus menuliskan nama dari gambar yang sudah Anda buat tersebut, jadi jangan terlalu sembarangan juga. Terakhir, Anda diminta untuk memilih gambar nomor berapakah yang paling menjadi favorit untuk diri Anda, dan juga yang paling tak disukai.

Tips menjawab – Pada tes wartegg, Anda sebaiknya menggambar dengan acak, jangan mengikuti nomer urut, sebab jika Anda menggambar menurut nomor urut, tes menunjukkan bahwa Anda merupakan orang yang kaku dan juga tidak kreatif. Ini menjadi kurang baik bagi penilaian nantinya.

Sekian artikel mengenai Contoh Soal Psikotes dan jawabannya untuk perisapa tes kerja, semoga Anda yang sedang melamar bisa diterima di perusahaan yang diinginkan. Semoga bermanfaat.

Contoh Soal Psikotes dan Jawabannya Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Inilah Terbaru